Senin, 19 April 2021

Penelitian Bidang Teologi dan Pendidikan PAK

MASALAH PENELITIAN TESIS BIDANG TEOLOGI DAN PAK

Pengertian

Locke, Spirduso, Silverman dalam Subagyo (2004:180), “Masalah adalah pengalaman ketika kita menghadapi situasi yang tidak memuaskan. Namun, tidak semua situasi yang tidak memuaskan adalah masalah. Situasi itu harus betul-betul tidak memuaskan sehingga dirasakan sebagai masalah. Pengalaman itu bersifat praktik dan dalam mengamati dua teori yang bertentangan.”
Menurut Andreas Subagyo (2004:181) Situasi menimbulkan pertanyaan. Selanjutnya situasi tersebut dan segenap pertanyaan yang ditimbulkan dapat dijadikan target penelitian. Andreas juga menyatakan: masalah berperan penting dalam penelitian. Segi-segi lain dalam penelitian seperti hipotesis, pertanyaan-pertanyaan penelitian, tujuan penelitian, kegunaan penelitian, rancangan penelitian dan seterusnya ditentukan oleh masalah penelitian. Konsep dan Variabel Penelitian

Konsep adalah istilah, terdiri dari satu kata atau lebih yang menggambarkan sesuatu gejala atau menyatakan suatu ide (gagasan) tertentu. Mengubah konsep yang abstrak menjadi konstruk yang dapat diukur disebut operasionalisasi (di akhir setiap variabel yang dibahas di Bab II) Searah dengan pernyataan di atas, Prof. Dr. Sasmoko menyatakan: Suatu penelitian biasanya diawali dengan masalah. Oleh karena itu, langkah pertama dalam penelitian adalah menilai apakah masalah yang diajukan layak diteliti (kelayakan masalah). Selanjutnya peneliti menguraikan masalah dengan cara menulis latar belakang belakang masalah sesuai kaidah penulisan ilmiah seperti membuat citasi

Sumber Masalah Penelitian

Menurut Prof. Dr. Sasmoko, ada beberapa sumber masalah, yaitu:

1. Sumber Masalah dari Pengalaman
• Pengalaman menjadi ibu rumah tanggal: Malas masak
• Pengalaman menjadi pendeta: Stigma pendeta mata duitan
• Pengalaman menjadi guru: Melihat peningkatan kegelisahan siswa saat-saat tertentu
2. Sumber Masalah dari Deduksi Teori • Kesimpulan teoritis yang ditarik dari berbagai teori merupakan sumber masalah yang baik

• Contoh:

• Teori penguatan (reinforcement) menghubungkan dengan masalah di kelas

3. Sumber Masalah dari Hasil Penelitian

Tesis

Jurnal: Misal Ketika Covid menyerang Taman Didaskalos. Ada penggunaan konsep Covid sebagai Kawan (YM)

Prosiding

4. Sumber dari Inspirasi di Bidang Lain

• Ide penelitian dari pengalaman dan pengamatan di alam bebas (di luar kegiatan profesi)
• Ide penyesuaian teori yang ditemukan dalam bidang lain untuk diterapkan dalam bidang tertentu. Contoh internet sebagai produk bidang teknologi informasi dapat diterapkan di bidang pendidikan seperti membuat e-learning dll.
• Desai Kurikulum dan Kurikulum Pendidikan dapat diterapkan dalam Kurikulum Sekolah Minggu

Evaluasi Masalah Penelitian

• Maslah yang sudah ditemukan perlu dievaluasi lagi dengan cara:
• Masalah yang hasil penelitiannya memberi sumbangan kepada ilmu pengetahuan.
• Masalah tersebut memiliki implikasi teoritis maupun praktis yang sangat signifikan
• Masalah tersebut memiliki pertimbangan metodologis
• Masalah hendaknya merupakan persoalan yang akan membawa kepada persoalan baru, pemecahan baru, dan juga kepada penelitian berikutnya yang lebih baik.
• Masalah harus merupakan persoalan yang harus diteliti
• Masalah tersebut harus memiliki 1 variabel atau lebih yang dapat dirumuskan dan terukur.
• Masalah Peneliti harus memberi batasan terhadap variabel yang tercermin dalam pengembangan konstruk penelitian dan pengukurannya • Masalah yang diteliti hendaknya menarik peneliti.

Kerangka Penelitian Kualitatif

• Judul/Konsep: ……………………………………………..
KARAKTER DOSEN TANPA PAMRIH DALAM PENGAJARAN YANG BERKUALITAS DI STT DAPUR ABADI JAKARTA

BAB I PENDAHULUAN
1.1. Masalah Penelitian
1.2. Fokus Penelitian
1.3. Rumusan Masalah
1.4. Pentingnya Penelitian


Judul (Variabel): ………………………………………………………..

KEPASTIAN PANGGILAN TUHAN (X1), RASA MEMILIKI (X2) KARAKTER DOSEN TANPA PAMRIH DALAM PENGAJARAN YANG BERKUALITAS DI STT DAPUR ABADI JAKARTA (Y)
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Masalah Penelitian
1.2. Identifikasi Masalah
1.3. Batasan Masalah
1.3. Rumusan Masalah
1.4. Pentingnya Penelitian
• dst

Contoh Variabel Penelitian

PEREMPUAN BERPRESTASI DALAM PELAYANAN SEKOLAH MINGGU DI GEREJA CALVINIS .....

• Buat variabel terikat
• X1 = Tingkat Ekonomi
• X2 = Disiplin Keluarga
Desain dan Krangka Berpikir

Berlanjut

Salam Yonas Muanley

0 komentar:

Posting Komentar

Submit blog